Jumat, 01 November 2013

tugas softskill semester 5



Tugas 1
Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi
Pengertian Segmentasi Pasar
Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan diatas segmentasi memiliki peran penting, dimana perusahaan dapat membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
a. Pasar lebih mudah dibedakan
b. Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
c.Produk lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
d. Dapat Menganalisa pasar lebih mudah
e. Menemukan peluang setelah menganalisis pasar
f. Mengetahui pergeseran-pergeseran yang terjadi di dalam segmennya
g. Dapat menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien

Analisis Demografi
Pada suatu pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi yang telah kita buat.









Tugas 2
Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah pemilihan beberapa tindakan alternatif yang ada untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang telah diterapkan (Turban, 2005). Pada dasarnya pengambilan keputusan merupakan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang mungkin dipilih, yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik (Simon,1980).
Penyelesaian masalah adalah suatu bentuk aktifis dimana individu atau organisasi dalam mencapai tujuan yang diinginkan harus membuat seleksi dari beberapa langkah alternatif untuk mencapai tujuan tersebut (Gass, 1985). Penyelesaian masalah dengan alternatif ini dilakukan oleh pengambil keputusan.
Pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling berhubungan dan berurutan (Simon, 1980). Empat proses tersebut adalah :
        Intelligence
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.
        Design
Tahap ini adalah proses menemukan, mengembangkan, dan menganalisis alternatif tindakan yang bisa dilakukan. Tahap ini meliputi proses untuk mengertimasalah, menurunkan solusi, dan menguji kelayakan solusi.
        Choice
Pada tahap ini dilakukan proses pemilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang mungkin akan dijalankan. Tahap ini meliputi pencarian, evaluasi, dan rekomendasi solusi yang sesuai untuk model yang telah dibuat. Solusi dari model merupakan nilai spesifik untuk variabel hasil pada alternatif yang dipilih.
        Implementation
Tahap implementasi adalah tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil. Pada tahap ini diperlukan untuk menyusun serangkian tindakan yang terencana, sehingga hasil keputusan dapat dipantau dan disesuaikan apabila diperlukan perbaikan.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
        Pengaruh eksternal
        Keluarga
        sumber informasi
        kelas social
        budaya
Tugas 3
Evaluasi Alternatif sebelum pembelian
Pendekatan-pendekatan yang selama ini banyak digunakan untuk menyingkap alternatif, faktor efisiensi dan minat mengasumsikan bahwa konsumen bersikap rasional dalam setiap mengevaluasi alternatif tertentu sebelum melakukan pembelian, maka itu dibutuhkan sumber daya dan pengetahuan konsumen.
Sumber daya konsumen dan pengetahuan adalah informasi yang di dapat oleh konsumen setelah meninjau segala sesuatunya untuk mencapai sebuah sasaran, yaitu keputusan pembelian. Beberapa sumber saya konsumen dan pengetahuan sebagai berikut:
        Sumber daya ekonomi: Hasil dari beberapa kekayaan dalam hal ekonomi yang konsumen dapat, seperti melihat keuangan Negara, melihat perubahan neraca perekonomian dan  melihat perkembangan kebutuhan ekonomi. Dalam telaah teoritis, dengan sangat tepat Hadi dan Anwar (1996) yang banyak menganalisis tentang dinamika ketimpangan dan pembangunan ekonomi antar wilayah mengungkapkan bahwa salah satu penyebab munculnya ketimpangan pembangunan ekonomi antar wilayah di Indonesia adalah adanya perbedaan dalam karakteristik limpahan sumberdaya alam (resources endowment) dan sumber daya manusia (human resources) disamping beberapa faktor lain yang juga sangat krusial seperti perbedaan demografi, perbedaan potensi lokasi, perbedaan aspek aksesibilitas dan kekuasaan (power) dalam pengambilan keputusan serta perbedaan aspek potensi pasar.
        Sumber daya sementara: Hasil dari beberapa kekayaan yang di dapat hanya sementara oleh konsumen dalam proses pengambilan keputusan
        Sumber daya kognitif: Hasil dari beberapa kekayaan yang di dapat karena melihat keadaan lingkungan. Di sini konsumen menggunakan mental mereka untuk menemukan cara baru bagaimana mengambil keputusan sesuai dengan keadaan yang sekarang mereka alami. Menurut Piaget, mengenai sumber daya kognitif mengibaratkan konsumen seperti bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan selain juga dorongan untuk mengeksplorasi dunianya. Skema awalnya dibentuk melalui diferensiasi refleks bawaan tersebut. Periode sensorimotor adalah periode pertama dari empat periode. Piaget berpendapat bahwa tahapan ini menandai perkembangan kemampuan dan pemahaman spatial penting.
        Kandungan pengetahuan: Sebeberapa bobot konsumen untuk penilaian pengambilan isi pengetahuan
        Oganisasi pengetahuan: Di sini setelah pengumpulan pengetahuan oleh konsumen di rasa sudah cukup, maka dilakukan pengorganisasian menurut jenisnya masing-masing, misalkan pengetahuan jenis teknologi, ekonomi dan lain-lain sesuai dengan bidangnya.
        Mengukur pengetahuan: Di sini yang dimaksud adalah seberapa besar kapasitas konsumen untuk memperoleh pengetahuan dan sumber daya agar dapat menjadi tolak ukur konsumen dalam pengambilan keputusan

Setelah mengerti akan semua teori tentang apa itu sumber daya konsumen dan pengetahuan, evaluasi alternatif sebelum pembelian dan serta pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian, sekarang kita langsung melihat penerapannya dalam studi kasus. Perusahaan kartu seluler CDMA  yang diambil adalah Telkomsel dengan produk Flexi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar