Tugas
1
Segmentasi Pasar dan
Analisis Demografi
Pengertian Segmentasi Pasar
Berdasarkan
pengertian yang sudah dijelaskan diatas segmentasi memiliki peran penting,
dimana perusahaan dapat membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan
dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Mengingat luasnya pasar,
maka kegiatan segmentasi pasar harus dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai
berikut:
a.
Pasar lebih mudah dibedakan
b.
Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
c.Produk
lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
d.
Dapat Menganalisa pasar lebih mudah
e.
Menemukan peluang setelah menganalisis pasar
f.
Mengetahui pergeseran-pergeseran yang terjadi di dalam segmennya
g.
Dapat menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
Analisis Demografi
Pada
suatu pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut
berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam
demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan,
pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan
tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal
selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar
demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita
melakukan analisis atas demografi yang telah kita buat.
Tugas
2
Pengambilan Keputusan
Pengambilan
keputusan adalah pemilihan beberapa tindakan alternatif yang ada untuk mencapai
satu atau beberapa tujuan yang telah diterapkan (Turban, 2005). Pada dasarnya
pengambilan keputusan merupakan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif
tindakan yang mungkin dipilih, yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan
harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik (Simon,1980).
Penyelesaian masalah adalah suatu bentuk aktifis dimana
individu atau organisasi dalam mencapai tujuan yang diinginkan harus membuat
seleksi dari beberapa langkah alternatif untuk mencapai tujuan tersebut (Gass,
1985). Penyelesaian masalah dengan alternatif ini dilakukan oleh pengambil
keputusan.
Pengambilan
keputusan meliputi empat tahap yang
saling berhubungan dan berurutan (Simon, 1980). Empat proses tersebut
adalah :
•
Intelligence
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.
•
Design
Tahap ini adalah proses menemukan, mengembangkan, dan menganalisis alternatif tindakan yang bisa dilakukan. Tahap ini meliputi proses untuk mengertimasalah, menurunkan solusi, dan menguji kelayakan solusi.
Tahap ini adalah proses menemukan, mengembangkan, dan menganalisis alternatif tindakan yang bisa dilakukan. Tahap ini meliputi proses untuk mengertimasalah, menurunkan solusi, dan menguji kelayakan solusi.
•
Choice
Pada tahap ini dilakukan proses pemilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang mungkin akan dijalankan. Tahap ini meliputi pencarian, evaluasi, dan rekomendasi solusi yang sesuai untuk model yang telah dibuat. Solusi dari model merupakan nilai spesifik untuk variabel hasil pada alternatif yang dipilih.
Pada tahap ini dilakukan proses pemilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang mungkin akan dijalankan. Tahap ini meliputi pencarian, evaluasi, dan rekomendasi solusi yang sesuai untuk model yang telah dibuat. Solusi dari model merupakan nilai spesifik untuk variabel hasil pada alternatif yang dipilih.
•
Implementation
Tahap implementasi adalah tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil. Pada tahap ini diperlukan untuk menyusun serangkian tindakan yang terencana, sehingga hasil keputusan dapat dipantau dan disesuaikan apabila diperlukan perbaikan.
Tahap implementasi adalah tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil. Pada tahap ini diperlukan untuk menyusun serangkian tindakan yang terencana, sehingga hasil keputusan dapat dipantau dan disesuaikan apabila diperlukan perbaikan.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
•
Pengaruh eksternal
•
Keluarga
•
sumber informasi
•
kelas social
•
budaya
Tugas 3
Evaluasi
Alternatif sebelum pembelian
Pendekatan-pendekatan
yang selama ini banyak digunakan untuk menyingkap alternatif, faktor efisiensi
dan minat mengasumsikan bahwa konsumen bersikap rasional dalam setiap
mengevaluasi alternatif tertentu sebelum melakukan pembelian, maka itu
dibutuhkan sumber daya dan pengetahuan konsumen.
Sumber
daya konsumen dan pengetahuan adalah informasi yang di dapat oleh konsumen
setelah meninjau segala sesuatunya untuk mencapai sebuah sasaran, yaitu
keputusan pembelian. Beberapa sumber saya konsumen dan pengetahuan sebagai
berikut:
•
Sumber daya ekonomi: Hasil dari beberapa kekayaan dalam hal ekonomi
yang konsumen dapat, seperti melihat keuangan Negara, melihat perubahan
neraca perekonomian dan melihat perkembangan kebutuhan
ekonomi. Dalam telaah teoritis, dengan sangat tepat Hadi dan Anwar (1996)
yang banyak menganalisis tentang dinamika ketimpangan dan pembangunan ekonomi
antar wilayah mengungkapkan bahwa salah satu penyebab munculnya ketimpangan
pembangunan ekonomi antar wilayah di Indonesia adalah adanya perbedaan dalam
karakteristik limpahan sumberdaya alam (resources endowment) dan sumber daya
manusia (human resources) disamping beberapa faktor lain yang juga sangat
krusial seperti perbedaan demografi, perbedaan potensi lokasi, perbedaan aspek
aksesibilitas dan kekuasaan (power) dalam pengambilan keputusan serta perbedaan
aspek potensi pasar.
•
Sumber daya sementara: Hasil dari beberapa kekayaan yang di dapat
hanya sementara oleh konsumen dalam proses pengambilan keputusan
•
Sumber daya kognitif: Hasil dari beberapa kekayaan yang di dapat
karena melihat keadaan lingkungan. Di sini konsumen menggunakan mental mereka
untuk menemukan cara baru bagaimana mengambil keputusan sesuai dengan keadaan
yang sekarang mereka alami. Menurut Piaget, mengenai sumber daya kognitif
mengibaratkan konsumen seperti bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan selain
juga dorongan untuk mengeksplorasi dunianya. Skema awalnya dibentuk melalui
diferensiasi refleks bawaan tersebut. Periode sensorimotor adalah periode
pertama dari empat periode. Piaget berpendapat bahwa tahapan ini menandai
perkembangan kemampuan dan pemahaman spatial penting.
•
Kandungan pengetahuan: Sebeberapa bobot konsumen untuk penilaian
pengambilan isi pengetahuan
•
Oganisasi pengetahuan: Di sini setelah pengumpulan pengetahuan oleh
konsumen di rasa sudah cukup, maka dilakukan pengorganisasian menurut jenisnya
masing-masing, misalkan pengetahuan jenis teknologi, ekonomi dan lain-lain
sesuai dengan bidangnya.
•
Mengukur pengetahuan: Di sini yang dimaksud adalah seberapa besar
kapasitas konsumen untuk memperoleh pengetahuan dan sumber daya agar dapat
menjadi tolak ukur konsumen dalam pengambilan keputusan
Setelah
mengerti akan semua teori tentang apa itu sumber daya konsumen dan pengetahuan,
evaluasi alternatif sebelum pembelian dan serta pengambilan keputusan konsumen
dalam pembelian, sekarang kita langsung melihat penerapannya dalam studi kasus.
Perusahaan kartu seluler CDMA yang diambil adalah Telkomsel dengan produk
Flexi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar